EVENT / Others / June 2019

Menyusun Menu Hidangan Resepsi Pernikahan

Mungkin Anda pernah mendengar jika hidangan makanan jadi faktor terpenting dalam menentukan kesuksesan pesta pernikahan. Ya, memang benar adanya. Makanan yang enak dapat membuat siapa pun merasa bahagia. Hidangan yang cukup dan enak menjadi kunci berlangsungnya pesta pernikahan yang digelar karena makanan merupakan bentuk apresiasi keluarga dan pasangan pengantin terhadap para tamu yang hadir.

Berikut ini adalah hal yang bisa menjadi referensi untuk menentukan menu  hidangan resepsi pernikahan untuk pesta pernikahan Anda:

 

Gaya Pesta

Gaya atau tema pesta yang dipilih bisa jadi acuan menentukan jenis menu hidangan resepsi yang akan disajikan. Anda bisa membicarakan ini dengan pihak hotel atau katering yang berperan membantu Anda. Umumnya, pada pesta pernikahan dengan gaya internasional akan disajikan menu western, Japanese, maupun Korean.

Sedangkan jika Anda memilih untuk menggelar pesta pernikahan tradisional, maka menu tradisional menjadi sajian hidangan yang tepat. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin mengombinasikan kedua jenis masakan tersebut.

 

Tamu yang Diundang

Sebagi ‘tuan rumah’, sudah tentu harus memerhatikan siapa saja tamu yang diundang. Mulai dari range usia hingga suku asalnya. Apabila kebanyakan dari tamu berasal dari suku Jawa, maka menyisipkan beberapa menu seperti getuk, cenil, ataupun sawut, sah-sah saja.

 

Campur Bahan Baku

Penggunaan bahan baku yang berulang atau sama dalam satu menu buffet membuat hidangan yang disajikan terasa monoton. Misalnya, Anda memilih ayam cabe hijau maka jangan lagi menambahkan menu ayam bakar atau ayam rica-rica pada buffet. Hal ini tentunya bisa membuat tamu Anda merasa bosan dan tidak berselera makan dengan menu yang seperti itu.

 

Satu hal yang kelihatan sederhana tapi penting adalah kombinasi warna. Meskipun sering terabaikan, pemilihan warna dalam menu hidangan bisa berpengaruh membangkitkan selera makan. Ragam menu dengan aneka warna tentunya lebih menarik jika dibandingkan dengan warna yang monoton.

 

*Sumber: http://thewedding.id/post/274/3-Jurus-Susun-Menu-Makanan-Resepsi-Pernikahan

*Foto: https://www.realsimple.com/weddings/cakes-catering/wedding-reception-menu-ideas

 

Share ArticleShare on FacebookTweet about this on TwitterGoogle+share on TumblrPin on Pinterest