EVENT / Others / June 2019

Akan Tinggal Dimana Setelah Menikah?

Pernikahan memang gerbang menuju sebuah kehidupan yang baru. Setelah pesta usai, muncul satu pertanyaan besar yang penting untuk dijawab. Akan tinggal dimana pasangan pengantin baru setelah menikah?

Beberapa calon pengantin mungkin memilih menunda memikirkan hal ini hingga pesta pernikahan usai digelar. Akan tetapi ada baiknya Anda dan pasangan mulai memikirkan perihal tempat tinggal ini sebelum menikah. Ada beberapa alternatif yang bisa Anda jadikan solusi, dan tentu saja disesuaikan dengan kondisi Anda dan pasangan.

 

Mengontrak Rumah

Ini bisa menjadi solusi tepat bagi pasangan yang baru menikah dan berniat untuk hidup mandiri, terpisah dari orang tua. Keuntungannya, Anda dan pasangan dapat memulai menapaki hidup baru tanpa campur tangan orang tua dan keluarga. Biaya yang dikeluarkan pun tidak sebesar membeli rumah, dengan model, lokasi dan fasilitas sesuai anggaran yang Anda sediakan. Sementara kerugian dari mengontrak rumah, meski setiap bulan mengeluarkan uang, namun rumah yang Anda tempati tersebut tidak akan menjadi milik Anda. Bila pemilik rumah berniat memperbaiki rumah tersebut atau karena alasan lain, bisa saja Anda terpaksa berpindah-pindah rumah kontrakan. Hal ini mungkin membuat Anda berdua kurang nyaman.

 

Tinggal Bersama Orang Tua

Ada beberapa kondisi yang membuat pasangan yang baru menikah terpaksa tinggal di rumah orang tua. Biasanya bila pengantin wanita adalah anak bungsu. Selain karena orang tua sulit melepas anak kesayangannya, anak perempuan bungsu biasanya lebih perhatian dan ingin merawat orang tua.

Keuntungan tinggal bersama orang tua adalah biaya hidup dapat lebih ditekan, karena ditanggung bersama. Bagi Anda yang pria, kesempatan untuk mendekatkan diri dengan mertua pun lebih banyak. Sementara kerugiannya adalah privasi menjadi terbatas. Hal yang sama akan berlaku bila Anda berdua tinggal di rumah orang tua pria. Anda sebagai wanita yang harus-harus pandai membawa diri dan bersabar berhadapan dengan ibu mertua.

 

Tinggal di Tempat Kos

Meski tempat kos lebih banyak ditujukan kepada mereka yang masih single, namun sekarang ini sudah ada beberapa tempat kos yang menerima pasangan suami istri. Tentu saja ini menjadi salah satu solusi bagi pasangan baru dengan kondisi keuangan belum stabil. Dengan menetap di tempat kos Anda bisa lebih hemat karena biasanya lebih murah daripada mengontrak rumah. Anda juga bisa memilih lokasi yang dekat dengan tempat kerja. Karena tempat kos biasanya berlokasi di daerah-daerah strategis. Namun kerugian tinggal di tempat kos adalah, karena sistemnya kamar per kamar, maka sulit untuk memiliki privasi, dan sulit juga untuk melakukan kegiatan masak memasak.

 

Menyewa Apartemen

Bila Anda memiliki anggaran yang sedikit lebih leluasa, tak ada salahnya menyewa apartemen. Anda bisa memilih apartemen yang mewah atau ekonomis, sesuai budget yang Anda siapkan. Dengan tinggal di apartemen, tentu saja lebih dekat ke lokasi kerja dan tempat-tempat strategis seperti mal, sekolah, dan sebagainya. Namun tentu saja tinggal di apartemen memerlukan biaya tak sedikit. Biaya parkir, air, keamanan dan sebagainya harus Anda persiapkan. Kalaupun akhirnya Anda memutuskan tinggal di apartemen, pastikan apartemen tersebut aman dan nyaman untuk buah hati Anda kelak.

 

Membeli Rumah

Ini adalah pilihan paling ideal bila tabungan Anda berdua memang mencukupi. Setiap pasangan muda yang baru menikah tentu memimpikan dapat segera membeli rumah sendiri. Akan tetapi satu hal yang perlu diingat, membeli rumah tapak di lingkungan perkotaan seperti Jakarta tentu harganya melangit. Kecuali Anda memiliki donatur yang cukup besar. Kembali lagi, semua tergantung kepada Anda berdua. Anda ingin memiliki rumah tinggal yang nyaman tetapi jauh dari pusat kota, atau memiliki unit apartemen di tengah kota.

 

*Sumber: https://www.weddingku.com/blog/akan-tinggal-dimana-setelah-menikah

*Foto: http://juliansherman.net/11-things-every-newlywed-couple-needs-in-their-home/