EVENT / Others / July 2019

Hal-hal Yang Memengaruhi Kesuburan

Harus diakui salah satu tujuan pasangan calon pengantin melangsungkan pernikahan adalah untuk mendapatkan keturunan dan membentuk keluarga. Setelah beberapa waktu menikah, kehadiran buah hati yang lucu dan menggemaskan dalam sebuah pernikahan selalu membawa kebahagiaan tersendiri. Untuk itu, menjaga kesehatan dan kesuburan menjadi satu hal yang penting bagi pasangan, baik pria maupun wanita.

Terutama untuk wanita, perhatikan beberapa hal berikut ini untuk menjaga kesehatan dan kesuburan Anda:

 

Berat Badan

Berat badan menjadi faktor utama yang mempengaruhi kesuburan. Wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas berpotensi mengalami kemunduran pada fungsi ovariumnya. Sementara bagi wanita yang terlalu kurus juga memiliki potensi bermasalah karena kekurangan hormone leptin. Oleh karenanya, usahakan untuk menjaga berat badan pada posisi yang ideal.

 

Gaya Hidup

Penelitian menunjukkan masalah pada kesuburan sering disebabkan oleh kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Hal ini berlaku pada pria maupun wanita. Jadi, bila Anda perokok dan biasa mengonsumsi minuman beralkohol, mulai sekarang cobalah untuk berhenti atau setidaknya kurangi merokok, dan gantilah semua jenis minuman beralkohol dengan yang lebih sehat seperti air putih atau jus buah.

 

Kopi

Secangkir kopi setiap pagi memang selalu berhasil menaikkan mood dan membuat kita lebih semangat bekerja. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kopi dapat mempengaruhi kesuburan? Kandungan kafein di dalam kopi dipercaya dapat menghambat proses pematangan sel telur. Yuk, mulai sekarang kurangi kopi.

 

Diet Ketat

Banyak wanita yang melakukan diet yang cukup ekstrem untuk menurunkan berat badan. Hati-hati lho, diet yang terlalu ketat dapat menyebabkan kurangnya kadar gula darah dalam tubuh. Kondisi kekurangan gula darah ini dapat menyebabkan penyerapan hormon progesteron yang kurang maksimal. Padahal hormon progesteron dibutuhkan untuk menjaga sel telur.

 

Usia

Memasuki usia 40-50 tahun, wanita akan mengalami menopause dimana kesuburannya akan menurun secara drastic dan tak lagi mampu memproduksi sel telur. Proses tersebut diawali pada usia 35 tahun dimana sebagian besar wanita mulai sulit untuk hamil. Oleh karenanya, usia yang paling ideal untuk menikah dan memiliki anak adalah kisaran 25 tahun. Selain masih berada dalam masa terbaik kesuburan, secara mental juga sudah cukup matang.

 

*Sumber: https://www.weddingku.com/blog/5-hal-yang-mempengaruhi-kesuburan

*Foto: https://15healthbenefits.com/health-benefits-of-tequila/

Share ArticleShare on FacebookTweet about this on TwitterGoogle+share on TumblrPin on Pinterest