EVENT / Others / February 2018

Tips Diskusi Biaya Pernikahan Dengan Keluarga

Materi atau uang selalu menjadi hal sensitif, termasuk dalam pesta pernikahan. Karena biaya atau dana inilah banyak calon pengantin merasa sungkan untuk mendiskusikan masalah budget pernikahan dengan keluarga. Padahal, mungkin masalah ini akan menjadi yang pertama kali ditanyakan pihak keluarga, khususnya orang tua calon pengantin saat meminta izin untuk menikah.

 

Untuk membantu menyiapkan diri dalam pembahasan seputar budget pernikahan ini dengan pihak keluarga, beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan adalah:

 

  • Susun Rencana Biaya Pesta Pernikahan

Pesta pernikahan sangat membutuhkan susunan rencana biaya. Rencana anggaran ini penting untuk memastikan berapa jumlah biaya sebenarnya yang diperlukan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan rencana biaya pesta pernikahan ini sebagai bahan diskusi kepada pihak keluarga untuk mulai berdiskusi soal rencana pesta pernikahan.

 

  • Bicarakan dengan Keluarga Masing-masing

Mulailah mendiskusikan soal biaya pernikahan Anda kepada orangtua masing-masing. Ungkapkan secara jujur dan terbuka bagaimana keuangan yang dimiliki dan diskusikan apakah pihak keluarga bisa berkontribusi dalam membantu biaya pernikahan. Setelah itu, baru sampaikan hasil diskusi ini bersama pasangan.

 

  • Hiraukan Aturan Tradisional

Mungkin Anda pernah mendengar aturan tradisional bahwa biaya pernikahan harus ditangguhkan seluruhnya kepada pengangkat hajat dari pihak wanita atau pihak pria. Namun, hiraukan aturan tersebut jika sekiranya kondisi keuangan tidak memungkinkan. Atur biaya pernikahan se-realistis mungkin, sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing pihak keluarga.

 

  • Jangan Ragu Menyebut Nominal

Hal ini sangat penting. Terkadang, pihak keluarga akan mengatakan bahwa mereka sanggup membantu biaya pernikahan. Namun, mereka tidak menyampaikan secara pasti berapa nominal uang yang akan dikontribusikan untuk pesta pernikahan ini. Padahal, jumlah anggaran yang realistis amat diperlukan untuk memastikan bahwa pesta pernikahanmu kelak sesuai dengan anggaran yang direncanakan. Untuk itu, jangan segan mengajukan pertanyaan langsung tentang jumlah anggaran pasti saat mendiskusikan hal ini.

 

  • Rekening Tabungan Khusus

Urusan finansial adalah hal sensitif, yang bisa memicu perdebatan dengan pihak keluarga. Untuk itu, kami sarankan membuat rekening bank khusus guna memudahkan Anda dalam mengatur dan mengelola biaya pesta pernikahan.

 

*sumber: http://thewedding.id/planning-2/tips-diskusi-bujet-pernikahan-dengan-keluarga-43901

*Foto: www.theweddedbliss.com/wp-content/uploads/2013/12/money-wedding-rings.jpg

Share ArticleShare on FacebookTweet about this on TwitterGoogle+share on TumblrPin on Pinterest