EVENT / Others / November 2019

Perubahan Yang Mungkin Terjadi Pasca Menikah

Setiap memulai kehidupan baru, pasti kita akan dihadapkan dengan perubahan,termasuk fase kehidupan pernikahan. Tentu kehidupan setelah menikah akan sangat berbeda dengan saat Anda belum menikah. Hal ini dikarenakan sebelumnya Anda masih memikirkan diri sendiri, sedangkan saat berumah tangga Anda tidak bisa memikirkan diri sendiri lagi. Anda sudah harus terbiasa dengan hidup berdampingan dengan pasangan seumur hidup Anda.

Anda harus mempersiapkan mental agar tidak kaget dengan perubahan yang nanti akan terjadi saat Anda berumah tangga. Berikut beberapa perubahan yang akan terjadi pasca menikah:

 

Pola Pikir

Perbedaan akan merubah pola pikir Anda. Berumah tangga mengharuskan Anda untuk tidak egois dengan memikirkan diri sendiri saja karena sudah tinggal berdua dengan pasangan. Berumah tangga akan membuat Anda mandiri dan lebih dewasa menghadapi masalah rumah tangga. Anda juga akan lebih bertanggung jawab dengan segala yang Anda dan pasangan perbuat.

 

Kebiasaan Tidur

Sebelum memutuskan untuk menikah atau saat Anda masih sendiri, seringkali tidak peduli dengan waktu tidur. Kadang ada yang suka tidur sangat larut, kadang bangun kesiangan tanpa ada rasa bersalah karena waktu tidur yang sangat tidak teratur. Hal itu tidak akan berlaku lagi saat Anda sudah menikah nanti.

Anda akan merasa bertanggung jawab dengan kerapihan, kebersihan dan kelengkapan rumah Anda. sebagai pria, Anda akan selalu bangun pagi untuk pergi bekerja agar bisa membiayai hidup Anda dan sang istri. Jika Anda wanita, Anda akan bertanggung jawab menyiapkan keperluan sang suami, atau kegiatan lainnya.

 

Penampilan

Saat pacaran, Anda selalu ingin terlihat cantik atau rapih di depan pasangan, tapi saat sudah menikah Anda seakan lupa akan penampilan. Penampilan yang berlebihan menjadi satu hal yang tidak perlu dilakukan karena Anda lebih fokus ke masa depan dengan pasangan.

 

Berat Badan

Hal ini yang sering sekali terlihat perubahannya. Banyak pasangan yang mengalami perubahan berat badan setelah mereka menikah. Ada yang terlihat lebih kurus, ada juga yang mengalami kenaikan berat badan, tergantung individunya sendiri.

Ada yang merasa semakin sibuk dengan banyaknya tugas yang harus diselesaikan di rumah dan kantor yang membuatnya semakin kurus. Ada juga yang mengalami kenaikan berat badan karena pasangan senang memasak.

 

Keuangan

Uang adalah salah satu hal yang sangat sensitif. Jadi, Anda harus membicarakan segala sesuatu mengenai uang ini dari sebelum menikah. Bila saat sendiri Anda bisa saja menghabisakan uang untuk hang out bersama teman setiap saat, saat berumah tangga hal tersebut tak bisa dilakukan karena Anda memiliki prioritas dari sekadar hang out setiap saat dengan teman tanpa batas.

Anda dan pasangan harus bisa bekerjasama untuk mengelola keuangan keluarga agar tak terbuang sia-sia untuk hal yang tidak diperlukan. Bijaklah mengelola keuangan agar bila terjadi hal yang tak terduga, Anda dan pasangan bisa dengan menudah mengatasi masalah tersebut.

 

Komunikasi

Jangan sampai keharmonisan dan keromantisan saat pacaran terhenti saja saat menikah seperti sekadar menanyakan kabar setiap saat. Anda harus mempertahankan hal tersebut karena salah satu kunci berhasilnya satu hubungan adalah dengan komunikasi yang lancar.

 

 

*Sumber: https://www.weddingku.com/blog/jangan-kaget-kamu-akan-alami-perubahan-ini-setelah-menikah

*Foto: https://www.ocbcnisp.com/personal-banking/WealthManagement/Life-Priorities/Retirement.aspx?viewmode=0&devicename=&langobjectlifetime=request&loaddevice=1&lang=en-US