EVENT / Others / September 2021

Persiapkan Hal Ini Sebelum Menggelar Acara Lamaran

Dalam tradisi tertentu, acara lamaran menjadi rangkaian dari momen pesta pernikahan yang berlangsung menjadi satu kesatuan. Tujuannya untuk mempertemukan sekaligus mengenalkan kedua mempelai ke keluarga besar kedua pihak. Acara ini bertujuan memohon restu bagi kedua calon pengantin dan mendoakan agar rangkaian acara pesta pernikahan berjalan lancar.
Namun sebelum mempersiapkan lamaran tersebut, Anda berdua tentunya perlu memikirkan apa saja yang harus dipersiapkan. Terlebih saat ini, semuanya harus memenuhi syarat protokol kesehatan. Untuk itu, simak hal-hal yang harus disiapkan untuk melangsungkan acara lamaran Anda berdua.

Venue Acara Lamaran dan Hidangan

Bisa dikatakan acara lamaran menjadi simulasi sederhana dalam mempersiapkan pesta pernikahan. Anda berdua harus menentukan di mana acara tersebut akan dilangsungkan. Apakah di rumah calon pengantin wanita atau di venue misalnya. Jika Anda akan melangsungkan acara lamaran selain di rumah rumah, tentunya akan ada budget untuk menyewa ruangan dan mempersiapkan hidangan. Untuk acara di rumah, Anda lebih baik memesan katering untuk menyiapkan hidangan bagi tamu.

Hantaran

Ada tradisi Jawa yang mengatakan bahwa membawa hantaran menjadi salah satu cara membuka pintu silaturahmi kedua keluarga. Hantaran di acara lamaran dengan seserahan di pesta pernikahan pun berbeda maknanya. Saat mempertemukan kedua pihak keluarga, isi hantaran yang diberikan berupa “buah tangan” dari pihak pria untuk keluarga pihak wanita. Biasanya Anda perlu menyiapkan hantaran berupa makanan tradisional, camilan, atau buah-buahan.

Tampil Serasi Berdua Perlu Bujet Sendiri

Sebagai calon pengantin di acara lamaran, Anda berdua tentunya ingin tampil serasi dengan warna senada. Sang wanita perlu membuat kebaya atau gaun lamaran dan sang pria mencari atau membuat kemeja dengan warna senada. Tentunya semua ini butuh anggaran tersendiri yang harus Anda persiapkan.

Cincin Tanda Pengikat

Membawa cincin lamaran menjadi tanda keseriusan Anda dalam melangsungkan hidup berumah tangga. Cincin lamaran tidak perlu sepasang, cukup untuk dikenakan sebagai simbol bagi sang calon pengantin wanita. Anda juga bisa membawa kalung sebagai perhiasan yang akan dikenakan oleh ibu Anda kepada sang calon pasangan.

Dekorasi Acara Lamaran

Dekorasi untuk mempercantik venue menjadi salah satu unsur penting agar ruangannya tidak tampak biasa. Bunga berwarna-warni dapat mempercantik ruangan. Inisial nama pun bisa menjadi latar pemoretan bagi Anda, keluarga, dan teman-teman undangan Anda.

Make-up Calon Pengantin Wanita

Anda bisa saja merias wajah sendiri, tapi acara lamaran menjadi salah satu momen dari rangkaian pesta pernikahan. Anda tentu tidak ingin melewatkan momen istimewa dengan penampilan biasa saja. Juga untuk Ibu Anda yang tentunya ingin tampil istimewa menyambut kedatangan keluarga calon besan.

Foto Dan Video Dokumentasi

Acara lamaran akan menjadi acara yang mungkin akan Anda berdua langsungkan sekali seumur hidup. Oleh karena itu, momen-momen seperti ini perlu didokumentasikan untuk menjadi cerita Anda berdua kepada anak cucu kelak. Dokumentasi momen kehidupan adalah hal penting bagi sejarah kehidupan Anda berdua.

 

*Sumber: https://www.weddingku.com/blog/7-bujet-yang-harus-dipersiapkan-untuk-acara-lamaran
*Foto: https://www.popbela.com/relationship/married/windari-subangkit/arti-khitbah-dan-tata-caranya-menurut-islam