EVENT / Others / December 2019

Konsep Pernikahan Baru Bertema Tamasya

Saat ini, menggelar pesta pernikahan membutuhkan biaya yang cukup besar, biaya pernikahan memang tidak murah. Namun, jika Anda mengetahui tren pernikahan berkonsep Tamasya yang saat ini mulai digemari, anggapan mahalnya biaya pernikahan tersebut bisa Anda hilangkan.

 

Konsep Tamasya

Pernikahan berkonsep tamasya merupakan acara pernikahan yang diselenggarakan secara sederhana namun tidak menghilangkan kesan sakral pernikahan itu sendiri. Biasanya, setelah prosesi pernikahan, pengantin bersama keluarga inti dan teman terdekat hanya akan melakukan makan bersama. Pernikahan ini tidak akan memakan banyak waktu dan budget. Setelah itu, keesokan harinya, barulah kedua mempelai langsung pergi berbulan madu.

Biasanya, yang memilih konsep tamasya ini adalah pengantin yang tidak mau repot dan capek membuat acara pesta pernikahan megah. Pengantin ini lebih memilih mengalokasikan dana pesta pernikahannya ke budget bulan madu atau mungkin kebutuhan lainnya.

 

Menikah Sekaligus Berbulan Madu

Konsep Tamasya juga didefinisikan sebagai pernikahan yang dilakukan di lokasi-lokasi honeymoon. Lokasi di mana pengantin bisa menikah dan langsung berbulan madu di tempat yang sama, misalnya di luar kota atau di luar negeri. Pernikahan ini juga bisa menghadirkan keluarga inti dan teman dekat Anda. Jadi, setelah sah menikah, Anda dan pasangan juga bisa bertamasya bersama keluarga dan teman dekat.

Jika Anda adalah tipe orang yang suka traveling, pernikahan ini bisa menjadi pilihan. Anda hanya perlu memilih kedua opsi tersebut yang sama-sama hanya mengundang beberapa tamu saja, tidak banyak. Perbedaannya hanya jika Anda memilih menikah langsung di tempat honeymoon, Anda harus mencari destinasi bulan madu yang juga menyediakan tempat untuk menikah.

 

Tips Menikah Dengan Konsep Tamasya

Jika Anda ingin melakukan pernikahan tamasya ini, Anda juga harus bersiap-siap mencocokkan jadwal semua keluarga dan teman dekat Anda. Pernikahan ini tidak mungkin hanya sehari saja, pasti lebih dari itu. Makanya diperlukan manajemen waktu yang kuat di sini. Tantangan lainnya, orang tua biasanya lebih mengikuti pernikahan adat seperti yang sering mereka lihat. Jadi, Anda harus bisa meyakinkan mereka degan keputusan pernikahan Anda ini.

Biaya yang harus Anda siapkan bila memilih pernikahan tamasya opsi pertama adalah sebagian kecil untuk pernikahan dan sebagian besarnya untuk honeymoon. Namun jika memilih opsi kedua, Anda harus menyiapkan dana sedikit lebih untuk pernikahan dan honeymoon bersama keluarga dan teman dekat.

Tapi jangan khawatir, untuk biaya keluarga dan teman, Anda bisa membicarakan ini bersama-sama. Karena yang diundang hanya keluarga inti dan teman terdekat, jadi wajar saja untuk membicarakan hal ini secara bersama-sama.

Walaupun pernikahan Anda sederhana, Anda juga perlu menyediakan suvenir sebagai tanda terima kasih kepada orang-orang yang bersedia berbagi kebahagiaan bersama Anda. Pilihlah suvenir yang bisa membuat tamu undangan teringat akan momen bahagia tersebut seumur hidup mereka. Bisa juga Anda membelikan beberapa suvenir khas daerah/kota/negara yang dikunjungi untuk bertamasya sebagai suvenir pernikahan. Sesuatu yang unik akan terkenang selamanya.

 

 

*Sumber: https://www.weddingku.com/blog/konsep-baru-menikah-nikah-tamasya

*Foto:  https://id.pinterest.com/pin/467037423830187879/