EVENT / Others / January 2020

Perbedaan Cincin Kawin dan Cincin Pertunangan

Prosesi pernikahan dan pertunangan merupakan salah satu simbol sebuah komitmen terbesar dalam hidup. Tak heran, perayaan ini juga biasanya disimbolkan dengan sesuatu barang atau benda semisal cincin. Cincin memang sudah diasosiasikan sebagai simbol ikatan. Tapi tahukah Anda, pengunaan cincin sebagai simbol pengikat dalam pertunangan dan pernikahan memiliki beberapa perbedaan. Berikut uraian perbedaan karakter dan pengunaan cincin sebagai simbol pernikahan dan pertunangan, yang dilansir dalam laman weddingku.com:

 

Waktu Penyerahan

Cincin tunangan biasanya diberikan saat pria menanyakan kesediaan sang wanita menjalin hubungan serius dengannya. Cincin ini sebenarnya tidak bersifat wajib karena tergantung Anda dan pasangan. Berbeda dengan cincin pernikahan atau cincin kawin yang wajib disematkan pada saat acara berlangsung untuk digunakan seumur hidup.

Kegunaan

Cincin tunangan prinsipnya dikenakan saat sang wanita menerima lamaran sang pria hingga nantinya menikah. Setelah menikah, mempelai wanita bisa menyimpan atau tetap menggunakan cincin tersebut. Selain itu, Anda bisa menggunakan tren stacking dengan memakai kedua cincin sekaligus atau menumpuknya dalam satu jari dengan cincin pernikahan.

Posisi

Tradisi budaya Barat menyatakan cincin tunangan diletakkan di jari manis tangan kanan. Sedangkan di Indonesia, posisi tersebut untuk cincin kawin. Untuk posisi cincin tunangan, biasanya berada di jari manis tangan kiri.

Status

Cincin tunangan bersifat tidak wajib karena walaupun berfungsi sebagai simbol ikatan hingga pernikahan, jodoh tetap di tangan Tuhan. Sedangkan cincin nikah merupakan komitmen pernikahan Anda dan pasangan yang sah di mata hukum dan negara.

Jumlah

Untuk cincin pertunangan, hanya perlu satu yang akan disempatkan pada jari manis wanita. Sedangkan cincin pernikahan, butuh sepasang yang akan disematkan oleh masing-masing mempelai wanita dan pria.

Desain

Berbicara masalah desain, cincin nikah umumnya memiliki desain polos tanpa hiasan besar yang terbuat dari emas ataupun perak. Namun kini sudah banyak yang meletakkan batu berlian tersebut pada cincin kawin mereka. Untuk cincin tunangan, biasanya juga tidak ada berlian di tengah cincin. Jika ada, hanya berukuran kecil dan hanya sebagai pemanis.

Cincin Pertunangan sebagai Cincin Pernikahan

Disamping perbedaan itu semua, muncul pertanyaan apakah cincin tunangan bisa digunakan sebagai cincin pernikahan? Jawabannya bisa iya dan tidak, sesuai dengan kondisi masing-masing pasangan.

Jika Anda ingin menikah sesuai adat dan estetika pernikahan Indonesia, sebaiknya cincin tunangan dan pernikahan digunakan di jari tangan berbeda. Namun, jika Anda sepakat bahwa sebuah cincin sebagai simbol semata, Anda juga bisa menggabungkan cincin tersebut. Bahkan, Anda bisa menggabungkan kedua cincin pada posisi yang sama sebagai pengingat proses berkomitmen dalam mengarungi kehidupan, mulai dari pertunangan hingga pernikahan.

 

 

*Sumber: https://www.weddingku.com/blog/cincin-nikah-dan-cincin-tunangan-apa-bedanya

*Foto: https://www.hitched.co.uk/wedding-planning/organising-and-planning/wedding-ring-finger/