EVENT / Others / April 2022

Online Dating 101

Menemukan tambatan hati menjadi hal yang paling membahagiakan dan menjadi idaman hamper semua orang. Beragam cara dan upaya dilakukan untuk menemukan tambatan hati. Memang prosesnya tak semudah yang dibayangkan, dan terjebak di siklus yang berulang tak jarang membuat lelah. Apalagi semenjak pandemic melanda dunia, aktivitas sosial menjadi sangat terbatas, tak terkecuali dalam menemukan tambatan hati.

Untungnya, perkembangan pesat teknologi membantu kita untuk mampu tetap bersosialisasi dan menemukan tambatan hati, salah satunya dengan platform online dating.  Saat pandemi global melanda, beberapa aplikasi online dating ternama seperti Tinder, Bumble dan OkCupid melaporkan peningkatan aktivitas pada aplikasi mereka hingga 700%!

Walaupun semakin banyak yang menggunakan aplikasi online dating, menemukan pasangan tepat tentu tidak semudah menggeser jari. Untuk menghindari situasi yang tak diinginkan, berikut kami lansir dari laman bridestory.com tips yang dapat diikuti seputar online dating.

 

Isi Biodata Lengkap

Tuliskan hal-hal yang Anda sukai,mulai dari  hobi hingga juga profesi. Hal ini penting agar calon potensial dapat mengetahui tentang Anda dan melihat kecocokan antara kalian berdua. Anda juga tentu akan senang melihat profil online dating yang lengkap dan menilai kecocokan dari profil tersebut bukan? Keep it nice and simple. Anda tidak perlu terlalu banyak membeberkan kehidupan personal Anda.

 

Menjadi Diri Sendiri

Percaya pada diri Anda sendiri dan jujurlah sejak awal. Berpura-pura menjadi orang lain hanya akan membawa kesulitan di masa depan. Anda juga perlu memasang foto terbaru dan terbaik Anda. Sebaiknya foto yang dipasang tidak terlalu vulgar dan cukup proper untuk profil online dating Anda.

 

Jangan Terlalu Cepat Percaya

Walaupun Anda merasa nyaman dengan seseorang di aplikasi online dating, kita tidak boleh tertalu yakin akan intensi seseorang. Jadi, hindari memberikan informasi detil alamat rumah atau lokasi Anda terlalu dini. Jika ingin bertemu, pilih  tempat umum yang ramai dan hindari mengirimkan foto-foto yang bersifat pribadi. Anda pun perlu percaya pada insting dan tidak perlu memaksakan diri bertemu karena alasan kasihan atau tidak enak.

Segala hal bersifat online dapat direkayasa dengan mudah. Untuk menghindari para catfish, Anda dapat mengajak calon pasangan untuk bertemu via video call terlebih dahulu. JIka mereka tidak ingin menunjukkan wajah dan terus menghindari pertemuan setelah berkomunikasi cukup lama, Anda patut waspada.

 

Jujur Tentang Calon Pasangan Yang Diinginkan

Jika tujuan Anda mencari pasangan untuk hubungan serius, komunikasikan dari sejak awal. Jangan terkesan seolah Anda hanya ingin mencari teman bersenang-senang, agar calon potensial pun dapat tersaring dengan sendirinya. Anda juga dapat mempertimbangkan usia calon pasangan. pastikan kandidat yang Anda cari memiliki rentang usia yang cocok dengan preferensi Anda. Biasanya aplikasi online dating memiliki pengaturan khusus untuk ini.

 

Jangan Terlalu Cepat Menilai

Beberapa orang mungkin bisa cukup awkward dan pemalu ketika berbicara lewat chat atau telepon. Jadi sebelum benar-benar menghentikan kontak, pastikan Anda sudah memberi mereka cukup kesempatan. Cobalah mengenal mereka lebih dalam dan bertemu jika komunikasi berjalan baik. Siapa tahu ternyata mereka adalah orang yang cukup menarik bagi Anda.

 

*Referensi: https://www.bridestory.com/id/blog/10-aturan-main-online-dating

*Foto: https://www.mcgill.ca/channels/news/anonymous-browsing-hinders-online-dating-signals-258291