EVENT / Others / April 2022

Ragam Fakta Unik Menikah Di Bulan Ramadhan

Banyak di antara kita bertanya tentang aturan menikah di bulan suci Ramadhan, apakah diperbolehkan atau tidak? Umumnya pernikahan di Indonesia banyak dilangsungkan pasca Ramadhan, tepatnya di bulan Syawal. Bulan ini dianggap baik untuk menggelar pernikahan.

Namun, ternyata menikah di bulan ini tidak dilarang dan beberapa orang justru memilih menikah di bulan ini. Ada beberapa fakta unik yang kami lansir dari laman Popbela.com bagi Anda yang ingin atau berencana menikah di bulan suci ini:

 

Menikah Dapat Dilakukan Kapan Saja

Menggelar pernikahan di bulan Ramadan tentu berbeda karena umat muslim tengah melakukan ibadah puasa. Namun, bukan berarti menikah di bulan Ramadan dilarang. Ustadzah sekaligus pengasuh Rumah Tahfidz An Nashr, Diana Arum, mengatakan dalam Islam tidak pernah ada bulan-bulan haram untuk menikah. Menurutnya, tidak ada yang dapat melarang pernikahan selama memiliki niat menuju kehalalan dan menegakkan syariat Islam.

 

Tidak Disertai Acara Makan

Pernikahan memang identik dengan kemeriahan pesta, tamu undangan, dan acara makan-makan. Namun, pernikahan di bulan Ramadhan tidak akan disertai acara makan-makan, mengingat ibadah puasa yang sedang berlangsung. Pernikahan memang boleh dilakukan dengan syarat tidak melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

“Kalau masih berpuasa juga boleh menikah asalkan tidak membatalkan, seperti misalnya bersetubuh atau ada acara makan-makan. Yang namanya akad tanpa makan-makan juga tetap sah. Cuman makan-makan kan kadang-kadang orang menjadi satu adat di Indonesia,” ungkap Diana.

 

Biaya Pernikahan Lebih Hemat

Salah satu keuntungan menikah di bulan Ramadhan juga bisa lebih menekan biaya. Calon pengantin tidak perlu lagi memikirkan catering makanan atau bahkan musik hiburan dalam pesta. Kalaupun ingin mengadakan pernikahan setelah tarawih dan disertai acara makan bersama, tidak perlu menyiapkan banyak makanan. Biasanya tamu-tamu yang hadir  sudah makan saat berbuka puasa. Pernikahan dapat berlangsung sederhana dan tetap sacral

 

Keberkahan Menikah Di Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan penuh berkah, dimana setiap ibadah yang kita lakukan menghasilkan pahala yang dilipatgandakan. Menikah di bulan Ramadhan tentu dihitung sebagai ibadah yang diliputi dalam suasana yang penuh berkah.

“Pastinya setiap bulan itu punya berkah, ya, apalagi di bulan Ramadhan. Kalau di bulan Ramadhan nanti insya Allah berarti di suasana yang penuh berkah. Selama kita menjalankan syariatnya Allah—termasuk salah satunya adalah menikah—berarti dia sudah meneguhkan kedudukannya Allah. Insya Allah dipermudah dan sama-sama diberkahi.” pungkas Diana Arum.

 

*Sumber: https://www.popbela.com/relationship/married/windari-subangkit/fakta-menikah-di-bulan-ramadan/full

*Foto: https://muslim.okezone.com/read/2019/05/10/614/2054225/bagaimana-aturan-menikah-di-bulan-ramadan