EVENT / Others / November 2018

Tips Mengunjungi Calon Mertua

Bertemu dan berkenalan dengan orang tua sang kekasih untuk pertama kalinya memang menegangkan. Meskipun dia bukan kekasih pertama, tapi tentunya rasa gugup itu pasti akan melanda. Konon  first impression menjadi catatan penting untuk kelanjutan hubungan Anda, apakah orang tuanya memberi lampu hijau, kuning atau malah merah.

Jangan khawatir, semua kan baik-baik saja jika Anda mempersiapkan semuanya dengan baik, karena Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikan kesan baik pada calon mertua.

Persiapan matang bisa menghilangkan gugup yang berlebihan pada diri Anda. Perlu Anda ingat, jangan sampai gugup yang melanda malah membuat Anda berperilaku aneh dan membawa kesan buruk. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kegugupan saat ingin bertemu calon mertua:

 

Berpakaian Sopan

Kesan pertama dilihat dari penampilan. Jika Anda ingin memberikan kesan baik maka kenakan pakaian yang sederhana namun tetap terlihat elegan. Jangan pernah mengenakan mini dress berbelahan rendah di bagian atas atau berbelahan tinggi di bawah. Sebaiknya sesuaikan pakaian Anda dengan keadaan yang ada, gunakan aksesori selayaknya dan tidak berlebihan. Jika perlu, gunakan riasan sederhana untuk membuat wajah Anda terlihat lebih cerah.

Bila Anda pria, lupakan t-shirt kesayangan ataupun jeans favorit. Tak mengapa menggunakan jeans, tapi padukan dengan atasan yang sedikit kasual seperti polo shirt atau pun kemeja berlengan pendek. Atau, bila Anda tetap ingin menggunakan t-shirt tutupi dengan jas kasual.

 

Hormati Tempat Tinggal Calon Mertua

Bagaimanapun keadaan rumah calon mertua Anda maka hargai dan tunjukan bahwa Anda merasa nyaman berada di dalam rumah tersebut. Ikuti semua aturan yang ada,  dan jaga sikap saat berada di dalam rumah.

 

Beri Pujian

Menikmati hidangkan yang disajikan oleh tuan rumah memang hal yang biasa. Namun bagaimana jika yang menyediakan hidangan tersebut adalah calon mertua? wah, kata-kata apa yang harus Anda ucapkan untuk menyenangkan, Berikan pujian yang sewajarnya pada hidangan yang disajikan ketika berbincang-bincang sesaat setelah menikmati hidangan. Hal ini tentunya akan membuat calon mertua senang karena Anda begitu menghormati dan menghargai mereka.

 

Cari Tahu Tentang Keluarga Terlebih Dahulu

Anda bisa minta pertolongan pada kekasih untuk menceritakan tentang keluarganya pada Anda sebelum bertemu calon mertua. Jangan sampai ketika Anda berhadapan dengan calon mertua, tidak mengetahui apa pun tentang keluarganya.  Akan mudah bagi Anda untuk mencari topik pembicaraan ketika sudah tahu sedikit tentang keluarga kekasih.

 

Cari Percakapan Yang Seru

Ketika bertemu dengan calon mertua usahakan dapat menjalin percakapan yang menarik. Misalnya ceritakan asal usul Anda dan hal lain yang biasa dibicarakan dengan kekasih. Ini saat yang tepat untuk menunjukkan pada mereka bahwa Anda adalah pasangan yang tepat untuk mendampingi anaknya.

 

Tulus dan Tidak Berlebihan

Sah-sah saja untuk menjaga image agar terlihat menarik, namun akan terasa aneh jika hal itu justru membuat Anda seperti orang lain. Tetap menjadi diri sendiri dan tulus dalam bersikap saat di dalam rumah calon mertua.

 

*Sumber: http://thewedding.id/pasangan-hubungan/gugup-menghadapi-calon-mertua-9310

*Foto: sohedid.com/2016/11/02/ultimate-challenge-meeting-girlfriends-parents-first-time/