EVENT / Others / May 2019

Yang Perlu Dilakukan Saat Harus Mengganti Venue

Persiapan pernikahan nyaris rampung, tetapi tiba-tiba semua mendadak buyar. Pasalnya venue yang sudah Anda incar tidak bisa digunakan. Ada banyak alasan, misalnya bencana seperti kebakaran atau kebanjiran, tidak mendapat izin, atau masalah keuangan yang tidak terduga bahkan bisa jadi gedung tutup karena kebangkrutan.

Artinya, sangat besar kemungkinan Anda harus mencari venue lain. Di saat waktu yang tersisa tidak banyak, ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar rencana pernikahan Anda kembali lancar. Berikut kami uraikan tips yang kami lansir dari laman www.weddingku.com berikut ini:

 

Kreatif di Pencarian Anda

Jika Anda menikah di waktu yang sama dengan banyak orang, kemungkinan venue di tanggal yang sama sudah tidak bisa dipesan. Karenanya coba alternatif lain dan jadilah realistis. Temukan ruang yang terlihat mirip dengan bangunan yang telah Anda pilih, lihat lagi taman, atau bahkan halaman rumah Anda sendiri.

 

Hubungi Semua Vendor Anda

Kabari semua vendor yang sudah bekerjasama seperti florist, fotografer, katering, penyedia transportasi, dan band pengiring. Vendor profesional ini pasti telah bekerja di banyak acara pernikahan, mereka dapat menggunakan koneksinya untuk membantu Anda menemukan lokasi yang baru. Wedding planner adalah ahlinya di sini, namun kalau Anda tidak menyewa jasa wedding planner, vendor akan banyak membantu.

 

Pertimbangkan Mengundur Tanggal Pernikahan

Mungkin Anda mendapatkan venue gantinya, tapi tidak bisa digunakan untuk tanggal yang telah ditentukan. Mengganti tanggal pernikahan adalah hal yang mungkin dilakukan. Namun itu artinya Anda harus memastikan bahwa vendor yang dipesan setuju dengan hari yang diganti. Anda juga harus mencetak ulang atau mengirim kembali undangan, dan Anda mungkin kehilangan tamu. Apapun yang terjadi, jika lokasi adalah hal yang penting bagi Anda, maka mengganti tanggal adalah pilihan tepat.

 

Kabari Tamu Anda

Jika telah mengirim undangan Anda perlu memberi tahu mereka tentang perubahan jadwal. Sekalinya Anda menemukan venue yang baru, mulailah mengabari lewat telepon atau e-mail. Jangan lakukan hal ini sendirian, minta tolong pihak-pihak yang terlibat, dan minta bantuan juga dengan para tamu.

 

Tambah Bala Bantuan

Mungkin akan ada hal baru yang harus ditambahkan di tempat yang baru. Untuk itu Anda butuh tambahan bala bantuan. Mungkin venue yang Anda sewa sebelumnya sudah termasuk dengan dekorasi dan catering, sementara yang baru belum termasuk. Mulai mencari vendor tambahan tersebut.

 

Baca Lagi Kontrak Anda

Secara hukum, apa yang tertulis di dalam kontrak menjadi hak Anda. Apalagi jika kedua vendor membatalkan kontrak. Artinya Anda mungkin akan mendapatkan deposit Anda kembali (dan pembayaran lainnya). Anda mungkin tidak akan menuntut vendor yang akan melibatkan membayar jasa pengacara, tapi hal itu bisa juga dipertimbangkan.

 

*Sumber: https://www.weddingku.com/blog/ini-yang-harus-dilakukan-jika-harus-mengganti-venue-pernikahan

*Foto: https://www.thegownwarehouse.com/guide-choosing-perfect-wedding-venue-big-day/

Share ArticleShare on FacebookTweet about this on TwitterGoogle+share on TumblrPin on Pinterest