EVENT / Music / May 2021

Mengenal Weird Genius,Grup Musik Bergenre EDM dengan Karya Mendunia

“Lathi”, lagu yang empat viral dan banyak diminati masyarakat Indonesia, bahkan dunia melambungkan nama grup musik Weird Genius. Grup musik asal Indonesia ini terbentuk sejak 2016 silam dengan mengusung genre electronic dance music (EDM).

Weird Genius beranggotakan tiga orang laki-laki yaitu, Reza Oktavian, Eka Gustiwana, serta Gerald Liu. Seperti dilansir Pikiranrakyat-Depok.com dari kanal YouTube TonightShowNet, Reza Oktavian mengatakan tujuan membentuk grup musik ini agar dapat tampil di luar negeri.

“Tujuannya bikin lagu aja udah, kalo gue pribadi pengen manggung di luar negeri,” ucap Reza.

Hal itu dibenarkan Eka Gustiwana, dengan alasan itu mereka memilih genre EDM agar lebih mudah mencapai target.

“Cuma untuk bisa kesana kayaknya kita harus milih genre yang sesuai, gitu. Nah, akhirnya kita milih EDM,” jelas Eka.

Adapun pembagian tugas atau sistem kerja dalam grup, yaitu Eka dan Gerald biasanya membuat draft lagu sedangkan Reza menulis liriknya.

“Awalnya gue bikin draft, gue sama Gerald. Terus dia (Reza) nulis lirik terus quality control kalo kita udah kelar, Rap nih lo feel-nya gimana? gitu,” ujar Eka.

Rencananya Weird Genius akan mengadakan tour Asia dan dunia. Namun karena kondisi sedang pandemi jadi agenda tersebut belum dilaksanakan.

 

Unsur Bahasa Daerah

Berbicara mengenai lagu ‘Lathi’ yang terdapat unsur Jawa, ternyata Reza mengaku memiliki “feeling” sebelumnya.

“Apa ya, feeling aja dari awal. Gue minta, lagunya udah ada kan itu draft-nya, terus gue bilang sama Eka sama Gerald, kayak I don’t know why tapi gue minta masukin Jawa dong di dalamnya,” tutur Reza menjelaskan.

“Tadinya gak ada nyinden, tadinya cuma gamelan, ya instrument aja, terus dia ngide,” sambung Eka.

Mereka mengungkapkan, tujuan utama grup musik ini memasukkan instrumen Indonesia ke dalam genre yang lebih modern, seperti EDM.

“Kalo dibilang pattern sebenernya dari lagu pertama DPS itu lagu pertama banget tahun 2016, pas kita kebentuk itu memang udah pake gamelan Bali. Jadi memang dari awal tujuan gue sama Eka udah sama nih, satu visi pengen bawa instrumen Indonesia ke EDM,” ujar Reza.

 

Karya Mendunia

Karya-karyanya sudah mendunia, Weird Genius pernah muncul di Billboard Times Square New York, Amerika Serikat. Weird Genius juga menjadi grup musik pertama yang bergabung dengan label internasional Astralwerks, bersama sederet musisi dunia seperti Jonas Blue dan Marshmello.

“Sebenarnya ini di bawah Universal kan, tapi label yg kita tempati ini memang lebih fokus ke musik-musik elektronik gitu,” ujar Gerald.

 

*Sumber: https://depok.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-091919152/intip-perjalanan-weird-genius-yang-masuk-billboard-times-square-new-york-sampai-masuk-label-astralwerks?

*Foto: https://www.pramborsfm.com/entertainment/weird-genius-gabung-dengan-label-yang-menaungi-marshmellow-dan-sia