EVENT / Music / February 2021

Mengenal Lebih Dekat Pamungkas, Musisi Baru Tanah Air Yang Sempat Viral

Jagat dunia maya kembali dihebohkan musisi penuh bakat yang belakang ini sedang digandrungi generasi muda, Pamungkas. Seperti apa sosoknya? Mari mengenal lebih dekat sang musisi melalui profilnya berikut ini:

 

Biodata

Lahir di Jakarta pada tanggal 14 April 1993 silam, sang musisi melejit lewat single hits nya yang berjudul “I Love You But I’m Letting Go”. Sejak saat itu, dirinya ramai diperbincangkan karena karya-karyanya.

Pemuda bernama lengkap Rizky Ramhadian Pamungkas ini adalah salah satu solois multitalenta di Indonesia. Kariernya sebagai solois di kancah musik Indonesia dimulai pada akhir 2018 lalu. Ia merilis album bertajuk “Walk The Talk”. Kemudian album kedua “Flying Solo” juga makin melambungkan namanya di industri musik tanah air.

 

Perjalanan Bermusik

Pamungkas dilahirkan dengan usus pendek sehingga harus cangkok. Akibatnya, terlalu banyaknya tekanan dalam tubuh yang menyebabkan gangguan telinga. Telinga kanan Pamungkas setengah tuli sementara telinga kirinya tuli. Ternyata hal itu tidak mematahkan semangat juang dalam menjajaki kehidupan. Ia lalu les alat musik drum dengan tujuan memulihkan telinga dengan suara instrumen yang kencang. Ia pun belajar piano dan gitar secara otodidak.

Kecintaan Pamungkas akan bermusik bermula saat ia duduk di kelas 4 Sekolah Dasar pada tahun 2002. Ia bersama ayahnya mengikuti tur yang kala itu sedang dinaungi oleh label ayah pams, Oxygen Entertainment.

Berlanjut saat ia mengenyam pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain menjadi pelajar ia juga menjadi musisi reguler di kafe La Piazza. Dari saat itu, ia dapat menghasilkan uang sendiri dan membuatnya mengurungkan niat melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Hingga ia memutuskan homeschooling dan berhasil ditempuh dalam kurun waktu satu tahun delapan bulan.

Pamungkas bercerita sempat empat tahun tidak kuliah. Sebagai gantinya, ia meminta uang dari orang tua nya untuk dibelikan mobil sebagai modal. Ia menjelaskan bisa tidur dimanapun asal ia bisa belajar mendalami musik jadi tidak mempermasalahkan tempat tinggal.

 

Kiblat Musik

Perjalanan musik Pamungkas dipengaruhi musik British. Ia berkiblat pada band-band seperti The Beach Boys, The Beatles, Arctic Monkeys, bahkan The Smiths. Segala jenis produksi dilakukan secara independen. Selain penyanyi solo, ia juga merupakan penulis lagu dan juga produser.

 

Plagiarisme “Solipsism 0.2”

Album yang dirilisnya tanggal 3 Februari 2021 ini berisikan 12 lagu yang hasil karya sendiri. Isinya adalah curahan hati Pamungkas akan semangat untuk tetap survive di tengah kondisi pandemi ini.

Setiap perjalanan tentu selalu diterpa dengan permasalahan. Dalam perjalanan kariernya, ia dituding mengambil artwork seniman asal Prancis Baptiste Virot. Hal itu muncul melalui unggahan akun Instagram media Frekuensi Antara pada Senin 2 Februari 2021 lalu. Pada unggahan tersebut memperlihatkan sampul album yang menggunakan artwork karya Baptiste Virot. Diduga, Pamungkas tidak meminta izin atas hak cipta kepada sang seniman. Sampai pada akhirnya, Rabu 3 Februari, ia melakukan klarifikasi melalui akun Instagram @maspam.records dirinya sudah menyelesaikan masalah dengan Baptiste. Ia membeli hak cipta dan ilustrasinya.

 

*Sumber: https://www.suara.com/entertainment/2021/02/04/173923/profil-pamungkas-musisi-muda-yang-viral?page=all

*Foto: https://www.kompas.com/hype/read/2020/09/26/213613166/alasan-pamungkas-sempat-putuskan-rehat-sejenak-dari-musik?page=all