EVENT / Music / August 2020

Mengenal G-Dragon Sang King of K-Pop

Belum bisa dikatakan K-Popers sejati apabila Anda tidak mengenal sosok G-Dragon (GD) yang kerap disebut sebagai King of K-Pop. GD merupakan seorang rapper, penyanyi, penulis lagu, sekaligus leader BIGBANG. Nah untuk lebih mengenal sosok multi talenta ini, berikut profilnya.

Memiliki nama asli Kwon Ji Yong, GD lahir di Seoul, Korea Selatan pada 18 Agustus 1988 silam. Nama G-Dragon didapat dari nama aslinya yaitu ‘Ji’ yang pelafalannya sama dengan ‘G’, sementara Yong berarti naga. GD adalah anak kedua dari dua bersaudara, kakak perempuannya bernama Kwon Dae Mi.

Mengawali karirnya, GD menjalani masa training di YG Entertainment selama enam tahun, sebelum akhirnya debut bersama BIGBANG pada 2006 lalu. Tak hanya sebagai rapper dan penyanyi, G-Dragon juga dikenal sebagai penulis lagu dengan lebih dari 150 lagu ciptaannya.

Pada tahun 2008 lalu, GD menjadi penerima termuda dalam penghargaan “The 10 Greatest Korean Composers“. Selain terjun di industri hiburan, ia juga memiliki bisnis dari bidang fashion, kafe, hingga penginapan.

 

Perjalanan Karier G-Dragon

G-Dragon memulai kariernya di dunia hiburan di usia yang sangat muda, lima tahun. Saat itu, bintang K-Pop ini bergabung dengan grup musik Little Lula. Sayang, kontraknya bersama grup musik tersebut harus dihentikan dan sempat menghambat mimpi GD. Namun, mimpinya kembali berlanjut saat pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man menyaksikan bakatnya. Ia pun menjadi trainee di SM Entertainment selama lima tahun, tetapi memutuskan keluar karena merasa bakatnya tidak berkembang. Awal baru kehidupan G-Dragon pun dimulai ketika temannya mengenalkan grup hip-hop asal Amerika Serikat, Wu-Tang Clan.

Selanjutnya, G-Dragon terlibat dalam penggarapan album hip-hop Korea Selatan yaitu Flex dengan bantuan People Crew. G-Dragon pun sempat direkomendasikan Jinusean ke CEO YG Entertainment, Yang Hyun Suk. Setelah enam tahun menjadi trainee, GD akhirnya debut sebagai BIGBANG bersama empat member lainnya.

 

Debut Solo G-Dragon

Sukses bersama BIGBAND, G-Dragon juga melakukan debut solo lewat album Heartbreaker pada tahun 2009. Debut solo GD terbilang sangat sukses, terlebih Heartbreaker memenangkan Album of the Year Mnet Asian Music Awards 2009.

Lalu pada 2012, GD merilis mini album pertamanya bertajuk One of a Kind. Menyusul tahun 2013, album kedua GD berjudul Coup D’état dirilis.

Kemudian pada tahun 2017, GD merilis mini album Kwon Ji Yong. Album yang bertajuk namanya itu dibuat untuk menunjukkan sisi dirinya sebenarnya.

Itulah, profil lengkap G-Dragon, seniman multitalenta yang kini dikenal sebagai King of K=Pop.

 

*Sumber: https://www.suara.com/entertainment/2020/08/20/121815/profil-g-dragon-leader-bigbang-yang-multitalenta?page=all

*Foto: https://kprofiles.com/g-dragon-profile-facts/