EVENT / Others / November 2019

Mengatur Keuangan Pasangan Muda

Apakah saat ini Anda masih single atau sudah memiliki pasangan dan sudah berencana ingin menikah? Yang jelas, apapun status Anda, perencanaan pernikahan harus sudah mulai Anda pikirkan.

 

Menurut hasil survei Finansialku mengenai pasangan impian, pria dan wanita memiliki jawaban yang sama mengenai finansial atau keuangan. Sebagian besar wanita menyukai pria yang diam-diam menabung untuk masa depan. Wanita tidak menyukai pria yang hanya banyak omong dan hanya gombalan saja. Sedangkan pria saat ditanya menginginkan wanita seperti apa, mereka menginginkan wanita yang nantinya bisa menjadi ibu yang baik, serta mampu menjadi penolong, termasuk dari segi keuangan.

Survei ini membuktikan walaupun Anda masih single atau sudah memiliki pasangan, Anda harus sudah memikirkan masalah keuangan untuk masa depan. Alasannya, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Beruntung Anda dalam masa panen, tidak ada yang tau apakah nanti Anda berada dalam masa paceklik atau masa transisi. Jadi, harus sudah mempersiapkan diri dalam kondisi dan waktu apapun.

Yang harus Anda mengerti adalah cara mempersiapkannya. Jika Anda sudah memiliki pasangan dan ingin melangsungkan pernikahan, bisa dimulai dengan saling jujur. Saling bertanya nantinya hubungan Anda akan dibawa ke mana, berapa lama lagi Anda akan menikah dengan pasangan, dan ingin pernikahan seperti apa.

Hal ini sangat penting bagi pasangan muda saat ini, karena pernikahan milenial memiliki pakemnya sendiri. Pernikahan milenial memerlukan biaya yang besar. Jadi harus bisa mempersiapkan biayanya dari jauh-jauh hari. Takutnya, jika mempersiapkan pernikahan dalam jangka waktu yang pendek, tidak akan maksimal jika menginginkan pernikahan mewah.

 

 

Tips Mengatur Keuangan saat Mempersiapkan Pernikahan

Bisa saja jika Anda ingin mempersiapkan pernikahan dalam kurun waktu tersebut, tapi ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Pertama, turunkan standar pernikahan. Kedua, meminta bantuan dari kedua orang tua pihak pria dan pihak wanita. Opsi ketiga, Anda bisa berusaha lebih giat lagi agar tercapai pernikahan ideal.

Untuk detil biayanya, saat ini pasangan muda yang ingin menikah sudah sangat pintar mencari informasi terkini. Sekarang juga sudah banyak aplikasi yang mampu menghitung setiap detil keperluan pernikahan. Aplikasi perencanaan pernikahan yang bisa Anda gunakan misalnya WeddingHappy, iWedPlanner, Finansialku serta beberapa aplikasi lainnya.

 

Simulasi ini tak hanya bisa digunakan pasangan muda, tapi bisa juga dipakai oleh orang tua yang ingin membantu anaknya mewujudkan pernikahan impian. Jadi, orang tua yang memiliki anak yang masih di bawah umur juga bisa mempersiapkan tabungan pernikahan anaknya. Tinggal memasukkan nama anak dengan mengosongkan nama pasangan dan memasukkan durasi kapan perkiraan sang anak akan menikah.

 

 

*Sumber: https://www.weddingku.com/blog/cara-mengatur-keuangan-pasangan-muda-jelang-pernikahan

*Foto: https://www.bridestory.com/id/blog/hal-hal-seputar-manajemen-keuangan-yang-wajib-diketahui-setiap-pengantin-baru