EVENT / Others / May 2019

Ragam Kebutuhan Finansial Pengantin Baru

Pesta pernikahan memang butuh biaya yang tidak sedikit, maka tak heran banyak calon pengantin rela menabung bertahun-tahun demi mewujudkan pesta pernikahan impian.

Tetapi sebenarnya, kebutuhan keuangan Anda dan pasangan bukan cuma untuk pesta pernikahan. Anda juga perlu menyiapkan tabungan finansial yang sudah pasti dibutuhkan saat mulai berumah tangga. Bahkan sebuah penelitian menyebut 73% dari total kasus perceraian disebabkan masalah keuangan dalam rumah tangga.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada rumah tangga Anda, berikut kami lansir beberapa kebutuhan keuangan yang perlu disiapkan setelah menikah.

 

Peralatan Rumah Tangga 

Apakah Anda akan membeli rumah baru, menyewa rumah kontrakan, atau tinggal di rumah mertua sekalipun, kebutuhan peralatan rumah tangga tak bisa diabaikan. Sebagai keluarga baru, paling tidak Anda dan pasangan perlu menyiapkan peralatan pokok rumah tangga. Tidak perlu langsung membeli seluruh perabotan rumah, coba lah untuk melengkapi sedikit demi sedikit dan alihkan dana ke pos lain.

 

Melunasi Hutang 

Di Indonesia sepertinya bukan hal tabu jika pesta pernikahan digelar dengan biaya hasil meminjam atau berhutang. Mungkin saja hal ini akan terjadi pada Anda dan pasangan. Oleh karena itu, bicarakan masalah keuangan ini pada pasangan secara terbuka. Pastikan bila kalian berdua atau mungkin pihak keluarga tidak memiliki hutang yang digunakan untuk biaya pesta pernikahan.

 

Pengeluaran Rutin Bulanan 

Sebelumnya Anda mungkin terbiasa membiayai kehidupan pribadi secara mandiri. Namun, hal itu tentu akan berubah setelah Anda dan pasangan hidup bersama. Untuk itu belanja bulanan, membayar cicilan rumah atau kendaraan serta tagihan listrik dan air perlu disiapkan setelah menikah.

 

Tabungan dan Investasi 

Fase awal pernikahan adalah momen yang tepat untuk mulai membicarakan keuangan termasuk soal tabungan masa depan. Anda dan pasangan mungkin berencana untuk memiliki anak, rumah baru, atau berinvestasi. Maka jangan lupa selalu sisihkan anggaran khusus setiap bulan untuk tabungan yang bisa kalian pergunakan sebagai investasi masa depan maupun biaya tak terduga lainnya.

Bulan Madu 

Biaya bulan madu ini juga perlu disiapkan terutama untuk pasangan yang belum sempat merencakan honeymoon saat menyiapkan pesta pernikahan. Anda dan pasangan perlu merringankan pikiran dengan pergi ke destinasi impian setelah lelah mempersiapkan hari pernikahan. Tapi dengan catatan, jangan sampai menguras seluruh isi tabungan.

 

*Sumber: http://thewedding.id/post/216/5-Kebutuhan-Finansial–untuk-Pengantin-Baru

*Foto: https://myanmol.com/blog/marriage-financial-planning-investments-things/

Share ArticleShare on FacebookTweet about this on TwitterGoogle+share on TumblrPin on Pinterest