EVENT / Others / July 2021

Masih Perlukah Kartu Undangan Pernikahan Di Era Digital?

Anda sebagai pasangan milenial tentu sangat terbiasa melakukan apapun serba digital, termasuk dalam merencanakan pesta pernikahan. Namun, pernahkah Anda bertanya perlu atau mencetak undangan pernikahan? Terlebih saat ini Anda bisa mengirim undangan dalam format digital seperti PDF. Tentu hal ini lebih mudah, simple, murah dan tidak merepotkan. Patut diakui di era digital ini, sedikit banyak mengubah tatanan hidup, termasuk mengirim undangan. Selain itu, masa pandemi seakan-akan mempercepat fase digitalisasi ini. Buktinya? Anda bisa hadir ke pesta pernikahan secara digital tanpa datang ke tempat pesta berlangsung.

Untuk itu, inilah beberapa pertimbangan mencetak undangan di zaman sekarang yang kami lansir dari laman weddingku.com.

 

Nilai Sentimental

Mungkin kertas akan lapuk dan rusak. Anda juga mungkin akan lupa menyimpannya setelah belasan tahun. Tapi undangan pernikahan dengan nama Anda dan pasangan serta keluarga, tentu memiliki nilai sentimen tersendiri. Terlebih sebagai bukti berlangsungnya momen paling bahagia bagi Anda berdua. Mungkin Anda tidak peduli dengan value dari momen tersebut, tapi setidaknya menyimpannya bisa menjadi kenangan untuk diceritakan kelak.

 

Perlu untuk Momen Tertentu

Sepenuhnya menjadi digital? Sepertinya masih agak jauh ke depan. Memang digitalisasi sekarang ini sudah merebak dan sangat memudahkan hidup kita semua. Tapi untuk hal-hal tertentu seperti undangan pernikahan, mencetak undangan fisik masih menjadi hal yang diperlukan untuk  bentuk apresiasi dan menjaga norma kesopanan.

 

Norma Adat Timur

Pesta pernikahan Anda tentu bukan hanya untuk rekan sebaya yang mungkin tidak peduli dengan norma-norma ketimuran. Tapi, tentu masih ada keluarga yang dituakan, atasan Anda di tempat kerja, bahkan orang-orang yang berjasa dalam hidup Anda berdua. Tentu mengirim undangan pesta pernikahan berbentuk fisik lebih sesuai dibanding melalui e-mail atau Whatsapp.

 

Masih Perlu Mencetak Undangan?

Mendesain undangan digital itu mungkin sangat menyenangkan. Berbeda dengan mencetak undangan fisik, dimana Anda harus benar-benar yakin sebelum dicetak. Anda dan pasangan juga bisa menghemat waktu dan biaya pengiriman undangan. Hanya dengan tombol ‘kirim’ maka undangan Anda pun segera terkirim. Serta, filosofi ‘go green’ dapat dilakukan bagi kita yang peduli lingkungan.

Namun, dalam situasi tertentu Anda dan pasangan tetap perlu mengirimkan undangan berbentuk fisik. Diskusikan proporsi pemberian undangan fisik dengan pasangan atau orang-orang terdekat Anda. Karena sejatinya, semua itu menjadi sepenuhnya hak Anda berdua.

 

*Sumber: https://www.weddingku.com/blog/masih-perlukah-mencetak-undangan-pernikahan-di-era-digital

*Foto: https://www.bridestory.com/indonesia/all-cities/invitations