EVENT / Others / February 2020

Inilah Tips Daur Ulang Gaun Pernikahan

Bagi kebanyakan calon pengantin wanita, membuat gaun pernikahan yang istimewa agar bisa tampil spesial di hari H menjadi kewajiban tersendiri. Calon pengantin wanita biasanya sengaja memilih gaun yang berharga lebih mahal bahkan khusus membuatnya. Melihat biaya dan usaha yang dikeluarkan, tentu sangat disayangkan bila gaun pernikahan tersebut hanya sekali digunakan.  Hal ini karena pasca hari pernikahan, gaun tersebut tidak bisa dikenakan kembali karena hanya cocok dikenakan saat menjadi pengantin.

Lebih disayangkan lagi, gaun istimewa tersebut hanya terpajang dan dipenuhi debu di dalam lemari. Padahal, Anda bisa saja menggunakan kembali gaun tersebut untuk beberapa acara lain.  Dengan sedikit kreativitas, maka gaun pernikahan bisa dikenakan kembali. Jika Anda terinspirasi dengan ide ini, maka Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

 

Modifikasin Gaun

Misalnya dulu Anda menggelar pernikahan intimate dengan konsep outdoor. Pernikahan seperti ini biasanya tidak menggunakan gaun dengan banyak ornamen, namun gaun yang sederhana dan elegan. Jika menggunakan kebaya saat pernikahan, Anda bisa menggunakannya kembali untuk pergi ke pernikahan saudara atau teman. Jadi, kebaya tersebut tidak hanya menjadi pajangan di lemari.

 

Ubah Menjadi Benda Lain

Selain itu, Anda juga bisa mengubah gaun pernikahan menjadi satu barang baru, misalnya tas. Jika ingin mengurangi kelebihan bahan pada gaun pernikahan agar bisa dikenakan kembali, Anda dapat memotong dan menjadikannya sebuah tas cantik. Saat ini, situs yang menawarkan cara-cara DIY untuk mendaur ulang gaun pengantin sudah sangat banyak. Jangan kaget, selain menjadi tas, Anda juga bisa mendaur ulang gaun pernikahan menjadi bed cover bahkan alas bantal.

 

Berbagi

Kalau tidak ingin mendaur ulang gaun pernikahan, izinkan gaun tersebut dikenakan oleh saudara atau sahabat dekat agar lebih bermanfaat. Di samping itu, Anda juga bisa mendonasikannya. Hibahkan gaun perngantin tersebut pada organisasi-organisasi sosial yang terpercaya. Memang belum banyak yang melakukan hal ini, namun pasti ada saja orang yang akan membutuhkannya.

Bagaimana, apakah Anda berniat mendaur ulang gaun pengantin agar bisa digunakan ke acara lain? Atau Anda lebih memilih untuk mendoasikannya pada yang membutuhkan? Semua terserah pada Anda.

 

*Sumber: https://www.weddingku.com/blog/cara-mendaur-ulang-gaun-pernikahan

*Foto: https://money.com/5-great-ways-to-recycle-your-wedding-dress/