EVENT / Others / December 2020

Tips Bernegosiasi Dengan Vendor Pernikahan

Pemilihan vendor pernikahan yang tepat tentu akan menenangkan hati Anda karena tahu akan kualitas dan profesionalitas mereka.  Berbicara tentang vendor pernikahan, tentunya budget menjadi hal penting yang perlu Anda berdua pikirkan. Anda berdua tentu mencari vendor pernikahan yang sesuai dengan budget yang telah dipersiapkan. Lalu bisakah Anda bernegosiasi dengan vendor pernikahan untuk mendapatkan harga, produk, atau layanan terbaik? Kenapa tidak? Namun, tentunya ada beberapa aturan yang harus Anda ketahui sebelum bernegosiasi. Berikut beberapa hal yang harus Anda pikirkan saat hendak bernegosiasi dengan vendor pernikahan:

 

Tema Pernikahan

Anda perlu tahu seperti apa pesta pernikahan yang Anda inginkan untuk memilih vendor yang sesuai. Gaya produk atau layanan yang ditawarkan bisa sama, tapi cara eksekusi, karakter, dan hasilnya pasti tidak akan sama. Jadi tentuka dulu tema, warna, dan gaya pesta pernikahan yang Anda impikan. Lalu, sesuaikan dengan vendor yang akan Anda cari untuk merealisasikan tema pesta Anda.

 

Budget Anda

Anda juga perlu menyusun berapa besar budget yang akan Anda sediakan untuk pesta pernikahan Anda. Dengan adanya estimasi budget, vendor pernikahan yang Anda akan menawarkan layanan atau produk yang sesuai. Tentu saja budget penting untuk ditentukan karena vendor pun pasti akan bertanya “berapa budget Anda?” Kecuali Anda mempunyai budget yang tak terbatas.

 

Menghormati Vendor

Saling menghargai adalah kunci terbaik dalam hubungan antara Anda dan vendor pernikahan. Cari tahu reputasi dan pengalaman vendor di industri pernikahan, jangan langsung meminta potongan harga tanpa Anda mencari tahu. Anda harus mengerti kualitas yang akan Anda dapatkan dan memutuskan apakah hal tersebut sesuai. Wedding adalah salah satu industri kreatif terbesar, oleh karena itu layak untuk menghargai hasil karya vendor-vendor pernikahan yang Anda hubungi.

 

Jangan Membandingkan

Untuk mendapatkan harga yang lebih rendah, jangan membanding-bandingkan vendor potensial Anda dengan vendor lain. Membandingkan vendor satu sama lain bukanlah etika terbaik untuk mendapatkan harga yang sesuai. Bukan tidak mungkin sesama vendor saling mengenal satu dan lainnya.

 

Minta Tambahan?

Jika Anda telah bernegoisasi tapi tidak mendapatkan angka yang cocok, mungkin Anda dapat meminta tambahan jasa dan produk yang ditawarkan. Semacam added value. Mungkin vendor potensial Anda pun dapat menyetujui permintaan Anda daripada harus menurunkan harga yang ditawarkannya. Masing-masing mendapatkan win-win solution.

 

*Sumber: https://www.weddingku.com/blog/ingin-bernegosiasi-dengan-vendor-wedding-bisa-saja

*Foto: https://www.dfordelhi.in/smart-wedding-apps-can-make-wedding-planning-easy/