EVENT / Others / May 2018

Anggapan Keliru Tentang Wedding Organizer

Wedding organizer atau WO adalah pihak profesional yang akan membantu calon pengantin untuk merancang, merencanakan dan mengatur pesta pernikahan. Di luar negeri, istilah WO ini sering dianggap sama dengan wedding planner.

Peran WO dalam pesta pernikahan sangat penting. Sebab pengantin dapat sungguh-sungguh mempersiapkan hidup pernikahan mereka, dan bukan hanya disibukkan dengan mempersiapkan pestanya. Selain itu, WO juga amat penting bagi pengantin supaya dapat menikmati pesta pernikahan yang terjadi hanya satu kali terjadi dalam hidup mereka.

Meskipun kehadiran WO sangat urgen, namun tetap saja ada calon pengantin yang merasa ‘super’ dan tidak membutuhkan jasa WO. Selain itu, banyaknya pandangan yang sebenarnya keliru seputar jasa wedding organizer, apa saja itu?

Dilansir dari laman thewedding.id kami akan paparkan anggapan-anggapan keliru seputar WO.

 

-Tak perlu WO karena menganggap diri punya banyak teman dan saudara yang siap membantu persiapan pernikahan.

Teman atau saudara bukan tenaga profesional yang dibayar untuk membantu pesta pernikahan. Jadi, Anda tidak dapat menuntut terlalu banyak. Coba bayangkan jika suatu saat ada kesalahan fatal terjadi di hari pernikahanmu? Selain merugikan, hubungan baik dengan orang terdekat tersebut bisa jadi taruhannya.

 

-Menyewa jasa WO berarti menambah biaya pengeluaran yang tidak perlu.

Benar bahwa menggunakan jasa WO berarti tambahan pengeluaran, tapi bukan berarti tidak perlu. Dengan bantuan WO, persiapan pesta pernikahanmu akan jauh lebih mudah. Ketika Anda bingung dengan pilihan vendor dekorasi pernikahan misalnya, WO berpengalaman akan memberikan saran dan pendapatnya secara obyektif terhadap masing-masing vendor tersebut.

Mereka juga akan membantumu menyarikan vendor pernikahan yang belum ditemui. Belum lagi kemungkinan harga khusus yang mungkin Anda dapatkan jika WO ternyata merupakan rekan dekat dari vendor incaranmu.

 

-Dengan ada WO tidak perlu panitia dari teman atau keluarga.

Tidak semua tugas persiapan pernikahan bisa ditangani oleh WO. Keterlibatan teman dan keluarga tetap dibutuhkan untuk membantu menyukseskan acara. Terutama untuk kepanitian yang bersifat personal. Peran WO nantinya lebih kepada mendampingi keterlibatan mereka.

Diungkapkan beberapa pekerjaan yang lebih baik ditangani keluarga dibandingkan WO ialah; sekretaris, bendahara, seksi konsumsi, menangani tamu VIP, petugas buku tamu, among tamu dan para pengiring pengantin. Meskipun bukan aturan baku, setidaknya tugas tersebut bisa menjadi acuan bagaimana melibatkan keluarga dalam panitia pernikahan.

 

-WO akan memaksakan saya memilih vendor rekanan saja.

Ini tidak benar, WO yang baik hanya memberikan saran yang objektif tentang pilihan vendor pernikahan. Namun, keputusan tetap sepenuhnya di tangan calon pengantin. Jadi sebaiknya pilih wedding organizer berpengalaman dan profesional yang tidak akan melakukan hal ini kepada Anda.

 

*Sumber: http://thewedding.id/planning-2/empat-anggapan-yang-sering-keliru-tentang-wedding-organizer-44568

*Foto: https://www.weddingku.com/wedding-vendors/wedding-planner/excellent-wedding-organizer-banyuwangi/gallery/-excellent-wedding-organizer-banyuwangi?id=21749

Share ArticleShare on FacebookTweet about this on TwitterGoogle+share on TumblrPin on Pinterest